Jumat, 15 Februari 2013

Ditinggal Sebentar Ibunya, Bayi 16 Bulan Telan 42 Magnet Kulkas


9D FATWA IKHTIARURROHMAN

Moscow, Bayi yang sudah mulai aktif melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya harus benar-benar diawasi. Bila orang tua lengah sedikit saja, bayi bisa berada dalam situasi yang membahayakan. Seperti bayi 16 bulan yang menelan 42 magnet kulkas ini.

Bayi laki-laki yang namanya dirahasiakan ini seperti anak-anak seusianya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Terkadang barang apapun yang ditemukan pasti langsung masuk mulut.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (15/2/2013), saat sang ibu meninggalkan bayi ini sesaat, rupanya magnet kulkas menarik perhatiannya. Magnet pun dimasukkan ke mulutnya dan tertelan. Saat kembali, ibundanya kaget ketika mendapati magnet-magnet di kulkas yang menghilang. Perempuan Rusia itu pun menyadari putranya tekah menelan magnet-magnet kulkas.

Bergegas ibu tersebut membawa anaknya ke klinik terdekat. Dari scan terlihat magnet bulat dan kecil dalam jumlah banyak di bagian dalam perut. Bayi itu pun bergegas dibawa ke rumah sakit terdekat, Chelyabinsk Oblast Children's Hospital, agar magnet dalam perut bisa segera dikeluarkan.

Ahli bedah di rumah sakit tersebut mengaku ngeri saat melihat scan yang memperlihatkan 42 magnet di sistem pencernaan bocah kecil itu. Kepala ahli bedah pediatrik, Nikolay Rostovtsev, yang melakukan operasi mengatakan dirinya telah beberapa kali memiliki pengalaman mengambil benda asing dari tubuh pasien yang masih muda, termasuk magnet.

Rostovtsev pernah mengambil 20 benda asing di tubuh seseorang. Karena itu apa yang dialami bayi 16 bulan itu membuatnya terbelalak. 

Setelah magnet-magnet itu diambil, kini si bayi sedang dalam masa pemulihan. Orang tua bayi itu pun diwanti-wanti oleh dokter agar tetap waspada saat anak bermain. Sebab kemungkinan anak-anak memasukkan benda ke mulutnya sangatlah besar lantaran hal itu menjadi bagian eksplorasi lingkungannya.

Jika ada bayi atau anak kecil di rumah, simpan barang-barang yang bisa membahayakan mereka seperti gunting, gelas, atau magnet. Anak-anak biasanya berhenti memasukkan apapun ke mulut saat usianya 4 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar