Senin, 11 Februari 2013

Cantiknya Malam Jelang Imlek di China dari Luar Angkasa

Cantiknya Malam Jelang Imlek di China dari Luar Angkasa
  9I37 WENY ULFIYAH
Liputan6.com, Tahun Baru China tak hanya dirayakan di seantero bumi, gaung kemeriahannya juga dirasakan di angkasa luar. Ucapan selamat Imlek dikirimkan astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk warga dunia, Sabtu 9 Februari 2013 lalu.

Tak hanya sekedar ucapan yang disampaikan lewat akun Twitter, astronot Kanada, Chris Hadfield juga menyertakan sejumlah foto menakjubkan China dan sekitarnya, menjelang Imlek.

"Selamat Tahun Baru China. Semoga bahagia dan sukses," tulis Hadfield," seperti dimuat situs sains, SPACE.com (10/2/2013).

Dalam Twitternya, Hadfield berbagi foto-foto cantik dan menakjubkan dari luar angkasa: pemandangan kala fajar di Taiwan, Shanghai yang gemerlap di malam hari, awan di atas China yang tersapu angin, juga Hangzhou yang terang benderang di malam Imlek.

"Sebagai salah satu dari negara antariksa terdepan, aku menyampaikan salut untuk China, para astronotnya, dan prestasi yang sudah diraih.

Hadfield adalah satu dari enam penduduk ISS. Selain pria Kanada itu, ada tiga kosmonot Rusia, dan dua Astronot Amerika Serikat.



Moncernya Antariksa China


Ucapan salut Hadfield pada China bukan tanpa alasan. Soal penjelajahan angkasa luar, negara itu memang tak boleh diremehkan.

Pada tahun 2003 lalu, China menjadi negara ketiga -- setelah Rusia dan Amerika Serikat -- yang melakukan misi luar angkasa mandiri, dan sukses mengirimkan astronotnya ke luar bumi: Yang Liwei yang mengangkasa dengan pesawat Shenzhou.

Tak berhenti di situ, negeri dengan jumlah penduduk terbesar dunia itu juga meluncurkan laboratorium luar angkasa Tiangong 1.

Pada tahun 2012 lalu, China mengirimkan kru pertamanya ke modul Tiangong, tim yang terdiri dari tiga orang termasuk astronot perempuan pertama, Liu Yang.

Pada tahun 2013, bertepatan dengan tahun Naga Air, China juga akan meluncurkan misi berawak ke Tiangong 1, sekaligus melaksanakan misi ke Bulan, Chang'e 3, yang akan mengirimkan robot ke permukaan satelit Bumi itu.(Ein)

SUMBER: http://news.liputan6.com/read/509033/cantiknya-malam-jelang-imlek-di-china-dari-luar-angkasa

0 komentar:

Posting Komentar